BERMAIN DI KALI ITEM SEORANG REMAJA TENGGELAM

JAKARTA –  Seorang anak tenggelam di Kali P2SC Sentiong, Selasa (28/3/17). Bocah berusia 13 tahun tersebut diketahui bernama Prayoga Triguntoro. Pelajar yang beralamat di Dakota 5 RT.12/09 Kelurahan Kebun Kosong, Jakarta Pusat ini tenggelam di kali yang berlokasi di dekat rumahnya tersebut ketika bermain dengan teman-teman sebayanya sekitar pukul 17.30 WIB. Belasan anak laki-laki tersebut asik bermain di kali yang disebut dengan Kali Item tersebut ketika Jakarta sedang diguyur hujan. Sembilan anak diantaranya mencoba untuk bermain dengan pelampung penahan sampah milik PPSU.

Kesembilannya bermain layaknya sedang menaiki wahana apung dan sengaja menggoncang pelampung tersebut agar mereka terjatuh ke dalam air. Pelampung sempat oleng dan kesembilan anak tersebut terjatuh namun berhasil berpegangan pada pelampung untuk menyelamatkan diri. Hendak naik ke atas permukaan, tiba-tiba pelampung kembali oleng dan dua orang anak terjatuh kembali ke dalam air. Seorang teman Prayoga juga sempat mengabadikan detik-detik kejadian hanas tersebut dengan kamera telepon genggam.

Keduanya terseret arus dan berusaha meminta tolong kepada teman-temannya yang menonton. Seorang anak berhasil diselamatkan temannya, namun nahas nasib Prayoga, teman-temannya yang lain tak berhasil menyelamatkannya. Prayoga terseret hingga melewati penahan sampah dan kemudian tak terlihat kembali di permukaan.

 Informasi ini disampaikan langsung oleh Kanit Provos Polsek Kemayoran ke Basarnas Command Center  sekitar pukul 18.30 WIB. Basarnas Command Center yang menerima informasi tersebut langsung merespon dengan mengerahkan Basarnas Special Group  untuk melakukan pencarian terhadap Prayoga. Dengan menggunakan rescue carrier serta membawa perahu karet dan peralatan pendukung lainnya, tim BSG yang berjumlah 10 orang berangkat pukul 18.45 WIB.

Bersama dengan Polsek Kemayoran, Aparatur Kecamatan Kebun Kosong, Damkar Sudin Kemayoran, Satpol PP serta masyarakat setempat, pencarian dilakukan di lokasi kejadian dengan menyisiri Kali Item. Hingga pukul 23.30 WIB pencarian belum membuahkan hasil. Tim yang sudah kelelahan beristirahat sejenak dan kembali melanjutkan pencarian pukul 4 dinihari, Rabu (29/3/17). Hingga pukul 6.30 pagi masih belum terlihat tanda-tanda keberadaan korban. Tim  Bravo BSG yang sudah kehabisan tenaga digantikan dengan tim Alpha BSG untuk melanjutkan pencarian.

Basarnas Kantor SAR Jakarta juga turut bergabung untuk membantu pencarian Prayoga. Kondisi air yang berwarna hitam dan banyaknya sampah di dalam air tidak memungkinkan dilakukan penyelaman karena dapat membahayakan penyelam, sehingga dengan teknik pencarian yang sama seperti sebelumnya tim terus menyisir sungai untuk menemukan keberadaan Prayoga. Tim rescue menyisir hingga sejauh 200 meter dan akhirnya menemukan Prayoga di bawah jembatan. Remaja nahas tersebut ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sekitar pukul 12.35 WIB.

Jenazah Prayoga langsung dibawa ke rumah keluarga korban. Berkat kerja sama yang baik antara Basarnas dan instansi terkait seperti Kepolisian, Perangkat Kecamatan, Pemadam Kebakaran, Satpol PP serta masyarakat setempat, pencarian ini dapat berlangsung dengan cepat. Dengan ditemukannya korban maka operasi pencarian resmi ditutup. (NA)
Link Terkait
PEJABAT